Antisipasi penyakit Sapi Ngorok, Pemkot Pekanbaru siapkan pakan bergizi dan vitamin

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang pernafasan ternak hingga dapat membunuh secara cepat.

Ilustrasi sapi. Foto: unsplash.com

Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, Riau, memastikan belum ada hewan ternak terjangkit penyakit Sapi Ngorok di wilayahnya selama Januari 2023. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distankan) Kota Pekanbaru, M. Firdaus mengatakan, meski belum ada, pihaknya tetap siaga dengan menyiapkan pakan bergizi tinggi dan vitamin untuk ternak.

Diketahui, penyakit Sapi Ngorok sempat menjangkiti hewan ternak di sekitar Kota Pekanbaru akhir 2022, salah satunya Kabupaten Kampar. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang pernafasan ternak hingga dapat membunuh secara cepat.

"Kalau sekiranya ditemukan gejala, sebelum sampai pada kasus yang lebih berat, maka kita akan melakukan pengobatan seperti pemberian vitamin dan pemberian pakan yang bergizi tinggi," kata Firdaus dalam keterangannya, dilansir dari pekanbaru.go.id, Rabu (25/1).

Terkait vaksinasi, Firdaus mengatakan Pemkot Pekanbaru belum melakukannya. Ia mengatakan untuk saat ini hanya akan memantau secara berkala kesehatan ternak hingga lalu lintas perdagangan.

“Vaksin Sapi Ngorok itu memang ada, tapi kita kan masih bebas. Jadi artinya kita melakukan preventif aja dulu," pungkasnya.