Sri Sultan minta polisi tegas tindak pelaku klitih di wilayahnya

Sri Sultan mendukung polisi mengambil langkah hukum yang tegas dan konsisten agar membuat pelaku jera.

Konferensi pers aksi kltiih di Bumijo oleh Polresta Kota Yogyakarta. Foto: instagram @poldajogja

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono X, meminta polisi tanpa ragu menindak pelaku klitih yang mengganggu keamanan masyarakat di wilayahnya. Sri Sultan mendukung polisi mengambil langkah hukum yang tegas dan konsisten agar membuat pelaku jera.

Sebelumnya, viral di media sosial aksi kekerasan jalanan klitih di Kota Yogyakarta melukai 2 pengendara motor pada Jumat (24/3) dini hari. Pelaku sebanyak 15 orang berhasil ditangkap dengan mayoritas masih remaja.

“(Saya) meminta kepolisian bisa bekerja sama untuk mengambil tindakan hukum dan dilakukan secara konsisten (menindak klitih),” kata Sri Sultan, dilansir dari jogjaprov.go.id, Senin (27/3).

Sri Sultan juga meminta para orang tua pelaku agar diberi peringatan. Pasalnya, keluarga masih memiliki peran penting mencegah agar anak tidak terjerumus pada tindak kejahatan.

Lha wong nyatanya di sel (hukuman penjara) juga tetap terjadi (kekerasan). Sekarang, bagaimana keluarga itu bisa membangun konsolidasi sendiri. Kalau kebebasan itu dilepas, (anak) pergi tidak pernah pulang, ya susah,” pesannya.