Tekan polusi udara, gedung tinggi di DKI wajib pakai water mist generator

Water mist generator dirancang BRIN. Pemanfaatannya membutuhkan air sekitar 500 liter per generator dan listrik 2.000 watt.

Pj Gubernur Heru Budi Hartono mewajibkan gedung tinggi di DKI milik pemda, BUMN, dan BUMD memakai water mist untuk menekan polusi udara. Twitter/@AnggaPutraF

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan polusi udara di ibu kota. Salah satunya, pengelola gedung tinggi  milik pemerintah daerah (pemda) serta perusahaan negara dan daerah menyiapkan water mist generator.

"Semua gedung-gedung milik Pemprov DKI, BUMN, dan BUMD sudah dikerahkan untuk memasang water mist generator. Utamanya gedung-gedung tinggi," ucap Penjabat (Pj.) Gubernur DKI, Heru Budi Hartono, dalam diskusi publik "Quick Response Penanganan Kualitas Udara di DKI Jakarta", Senin (28/8).

Water mist generator adalah pompa bertekanan tinggi. Alat ini nantinya akan menyemprotkan air guna menekan polutan. 

Kemudian, melakukan razia emisi bagi kendaraan bermotor dan industri. Apalagi, nyaris 1 juta kendaraan masuk Jakarta dari daerah penyangga setiap harinya.

"Informasi dari Dishub (Dinas Perhubungan), bahwa jumlah kendaraan masuk ke Jakarta itu ada 997.000 unit dari daerah Bodetabek per harinya. Sehingga, ini menjadi perhatian kita bersama untuk menerapkan uji emisi dan kendaraannya harus lulus [uji emisi]," tuturnya.