Pertikaian Arab Saudi-Kanada berlanjut, penerbangan dari dan ke Toronto ditangguhkan

Mulai pekan depan, maskapai penerbangan Arab Saudi akan menangguhkan seluruh penerbangan ke dan dari Toronto, Kanada.

Samar Badawi, pejuang hak-hak perempuan Arab Saudi, diapit oleh Michelle Obama dan Hillary Clinton saat menerima International Women of Courage Award atas upaya advokasinya / REUTERS/Gary Cameron.

Maskapai penerbangan Arab Saudi akan menangguhkan seluruh penerbangan ke dan dari Toronto, Kanada, per pekan depan. Kebijakan ini diambil di tengah pertikaian diplomatik antara kedua negara menyusul penolakan Kanada untuk mundur dari sikapnya dalam membela hak asasi manusia (HAM) di Arab Saudi.

Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland menegaskan, "Kanada akan selalu membela perlindungan HAM, termasuk hak-hak perempuan dan kebebasan berekspresi di seluruh dunia."

Pernyataan Freeland tersebut muncul setelah Arab Saudi mengumumkan pengusiran duta besar Kanada dan pembekuan seluruh perdagangan dan investasi baru dengan negara itu. Masih belum jelas sejauh mana keputusan tersebut akan berdampak pada hubungan ekonomi bernilai miliaran dolar antara Ottawa dan Riyadh.

Arab Saudi juga akan merelokasi sekitar 7.000 penerima beasiswa yang belajar di Kanada.

Pertikaian diplomatik kedua negara dimulai pekan lalu setelah Kementerian Luar Negeri Kanada menyatakan keprihatinannya atas penangkapan aktivis di Arab Saudi lewat serangkaian twit.