Langka, Presiden Taiwan berpidato di Amerika Serikat

Untuk pertama kali dalam 15 tahun terakhir, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen tampil berpidato di Amerika Serikat.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen saat berpidato di hadapan media di Ronald Reagan Presidential Library di Simi Valley, California, AS pada Senin (13/8) / REUTERS/Ringo Chiu

Presiden Tsai Ing-wen memberikan pidato di Amerika Serikat (AS), menandai untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, seorang pemimpin Taiwan berbicara secara terbuka di Negeri Paman Sam. 

Tsai Ing-wen berpidato saat dirinya singgah di AS dalam perjalanannya menuju Paraguay. Dalam kesempatan tersebut, presiden yang pemerintahnya menolak mendukung pandangan bahwa Taiwan adalah bagian China dan bersumpah untuk mempertahankan nilai-nilai demokrasi.

"Kami akan menjaga janji kami bahwa kami bersedia bersama-sama meningkatkan stabilitas dan perdamaian regional di bawah prinsip-prinsip kepentingan nasional, kebebasan, dan demokrasi," ungkap Tsai Ing-wen pada Senin (13/8). Demikian seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (14/8).

China memandang Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya yang akan dipersatukan kembali dengan 'kekuatan' jika perlu, meski kedua belah pihak terbelah pada tahun 1949 setelah perang saudara.

Beijing selalu sigap mengutuk setiap langkah yang dapat diartikan sebagai pengakuan diplomatik secara de facto terhadap Taipei. Negeri Panda telah meningkatkan tekanannya pada Taiwan sejak Tsai Ing-wen yang berasal dari Partai Progresif Demokratik (DPP) berkuasa pada tahun 2016.