Akhiri hubungan dengan Taiwan, El Salvador pilih merapat ke China

El Salvador merupakan negara kelima yang memutus hubungan diplomatik dengan Taiwan sejak pemerintahan Tsai Ing-wen berkuasa pada 2016.

Ilustrasi Taiwan / REUTERS/Jose Cabezas

Taiwan mengumumkan bahwa pihaknya telah memutuskan hubungan diplomatik dengan El Salvador karena meyakini bahwa negara Amerika Tengah itu akan menjalin hubungan dengan China.

"Kami tidak akan terlibat dalam diplomasi dolar dengan China," tegas Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu dalam sebuah konferensi pers.

Lebih lanjut Joseph mengisahkan bahwa El Salvador telah terus menerus meminta "dukungan pendanaan besar-besaran" sejak tahun lalu untuk pengembangan pelabuhan. Namun, Taiwan tidak bersedia membantu "proyek yang tidak sesuai" setelah dilakukan penilaian.

"Tekanan dari China hanya akan membuat Taiwan lebih bertekad untuk melanjutkan jalan demokrasi dan kebebasan kami," ungkap Joseph.

Secara terpisah, Presiden El Salvador Salvador Sanchez Ceren dalam pidato yang disiarkan secara nasional mengatakan bahwa pemerintahannya telah memutus hubungan diplomatik dengan Taiwan dan di lain sisi menjalin hubungan diplomatik baru dengan China.