Iran rilis jet tempur terbaru buatan dalam negeri

Jet tempur terbaru Iran yang materinya 100% diklaim buatan lokal ini diberi nama Kowsar.

Presiden Hassan Rouhani saat duduk di kokpit jet tempur baru buatan dalam negeri Iran / Tasnim News Agency/Handout via REUTERS

Iran merilis jet tempur baru buatan dalam negeri. Presiden Hassan Rouhani menegaskan kekuatan militer Teheran hanya dirancang untuk menghalangi musuh dan bertujuan menciptakan perdamaian abadi.

Gambar yang disiarkan melalui televisi pemerintah pada Selasa (21/8) menunjukkan Rohani duduk di kokpit pesawat tempur generasi keempat yang diberi nama 'Kowsar' saat jet itu ditampilkan dalam pameran Industri Pertahanan Nasional di Teheran.

Media pemerintah mengatakan, jet tempur ini memiliki sistem avionik canggih dan radar multifungsi. Seluruhnya, diklaim 100% buatan lokal.

"Ketika saya bicara tentang kesiapan kita untuk bertahan, itu berarti kita mengejar perdamaian abadi. Jika kita kurang persiapan, kita menyambut perang," ucap Rouhani dalam pidatonya.

Dia menambahkan, "Beberapa orang berpikir ketika kita meningkatkan kekuatan militer kita, berarti kita mengejar perang. (Tapi) ini bertujuan damai karena kita tidak pernah menginginkan perang terjadi."