Julie Bishop mundur sebagai menlu Australia, eks menhan ditunjuk sebagai gantinya

Julie Bishop mundur setelah kalah dalam pemungutan suara internal Partai Liberal yang memicu pergantian kepemimpinan di Australia.

Julie Bishop telah menjadi menteri luar negeri Australia sejak tahun 2013 / AAP/Lukas Coch/via REUTERS

Pada hari Minggu (26/8), Julie Bishop mengundurkan diri dari kabinet perdana menteri baru Australia Scott Morrison. Mundurnya Bishop terjadi dua hari setelah perebutan kepemimpinan yang berujung pada penggulingan Malcolm Turnbull.

Bishop ikut bertarung memperebutkan kursi PM, namun dia kalah di putaran awal pemungutan suara internal Partai Liberal. Perempuan usia 62 tahun itu belum menyatakan apakah dia akan berlaga di pemilu berikutnya yang dijadwalkan pada Mei 2019.

Morrison menunjuk Marise Payne untuk menggantikan Bishop, yang telah menjadi Menlu Australia sejak tahun 2013. Payne sendiri sebelumnya menduduki posisi menteri pertahanan dan kursi kosong yang ditinggalkannya kini diisi oleh Christopher Pyne. 

Tergulingnya Turnbull dan terpilihnya Morrison menandai munculnya perdana menteri keenam Australia dalam waktu kurang dari 10 tahun. 

Obrolan via WhatsApp yang bocor antara beberapa politikus Partai Liberal, yang diungkapkan oleh Australian Broadcasting Corporation pada Minggu menunjukkan bahwa mereka sepakat tidak memilih Bishop sebagai taktik untuk mendukung Morrison.