China: AS harus cabut sanksi atau siap tanggung konsekuensi

AS menjatuhkan sanksi terhadap China karena Negeri Panda itu membeli jet tempur dan rudal dari Rusia.

Ilustrasi / Pixabay

China memprotes keputusan Amerika Serikat yang disebutnya tidak masuk akal karena menjatuhkan sanksi pada unit militernya karena membeli sejumlah jet tempur dan rudal dari Rusia.

"China menyatakan kemarahannya terhadap langkah AS yang tidak masuk akal, dan telah membuat pernyataan resmi terkait hal tersebut," ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang pada Jumat (21/9).

Lebih lanjut, Geng menyampaikan, "AS secara serius telah melanggar norma-norma dasar hubungan internasional dan menganggu hubungan China dan AS. Kami menyerukan kepada AS untuk memperbaiki kesalahan dan membatalkan sanksi. Jika tidak, AS harus menanggung konsekuensinya."

Tiongkok diketahui membeli 10 jet tempur Sukhoi Su-35 dan rudal S-400. Dan terkait hal itu, AS memasukkan Departemen Pengembangan Peralatan (EDD) dan pimpinannya Li Shangfu dalam Daftar Hitam.

Kementerian Luar Negeri AS mengatakan, sanksi terhadap China tersebut didasarkan pada The Countering America's Adversaries Through Sanctions Act (Caatsa) yang disahkan pada 2017.