Bertemu Wapres AS di sela-sela Sidang Umum PBB, ini penjelasan Jusuf Kalla

Selain Wapres AS Mike Pence, Jusuf Kalla juga bertemu dengan Ratu Belanda.

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (Kiri) dan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence (Kanan) bertemu di sela-sela Sidang Umum PBB ke-73 di New York, Amerika Serikat, Selasa (25/9). / Kemlu RI

Hari kedua Sidang Umum PBB ke-73 di New York, Amerika Serikat, dimanfaatkan oleh Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla untuk melakukan sejumlah pertemuan bilateral. Salah satunya dengan Wakil Presiden AS Mike Pence.

Dalam pertemuan bilateralnya dengan Wapres Pence, JK menyampaikan bahwa Indonesia dan AS sama-sama berkomitmen untuk terus memperkuat kemitraan strategis antara kedua negara. 

"Indonesia dan AS sama-sama saling membutuhkan, hubungan bilateral yang saling menguntungkan dapat terus kita kembangkan di segala bidang," ujar Wapres JK dalam keterangan tertulis yang diterima Alinea.id, Rabu (26/9).

Keduanya juga membahas isu-isu kawasan dan global seperti perkembangan perdamaian Israel dan Palestina, Laut Cina Selatan, Semenanjung Korea, dan Indo-Pasifik.

Selain Wapres Pence, JK juga bertemu dengan Ratu Belanda Maxima Zorreguieta Cerruti dalam kapasitasnya sebagai Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Inklusi Keuangan (UNSGSA). JK mengapresiasi upaya UNSGSA yang mendorong pembangunan berkelanjutan yang inklusif di Indonesia.