Khashoggi dipastikan dibunuh, ini pesan menyentuh sang kekasih

Riyadh akhirnya mengakui bahwa Jamal Khashoggi, wartawan sekaligus kritikus kerajaan, tewas di dalam gedung konsulat Arab Saudi di Istanbul.

Para aktivis HAM memegang gambar wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi saat protes di luar Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 9 Oktober 2018. REUTERS/Osman Orsal

Arab Saudi akhirnya mengakui bahwa Jamal Khashoggi tewas dibunuh. Namun, Riyadh membantah bahwa peristiwa itu terjadi atas sepengetahuan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman atau MBS yang merupakan pemimpin de facto negara itu. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir dalam wawancaranya dengan Fox News. 

Al-Jubeir menyebut kematian Khashoggi karena sebuah operasi jahat. 

Khashoggi adalah wartawan dan kritikus Kerajaan Arab Saudi yang tewas di konsulat negara itu di Istanbul, Turki.

"Kami bertekad untuk mengetahui seluruh faktanya. Dan kami akan menghukum mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan ini ... Jelas sekali ada kesalahan besar yang dibuat dan kesalahannya menjadi bertumpuk karena ada upaya untuk menutupinya," tutur al-Jubeir.

Dalam kesempatan yang sama, al-Jubeir menyatakan bahwa kasus pembunuhan Khashoggi merupakan kesalahan besar. Arab Saudi berada dalam tekanan dunia internasional untuk menjelaskan motif di balik pembunuhan Khashoggi.