Diizinkan keluar dari Arab Saudi, putra Jamal Khashoggi terbang ke AS

Salah bin Jamal Khashoggi sebelumnya dilarang meninggalkan Arab Saudi setelah ayahnya kerap mengkritik Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Aktivis HAM memegang gambar wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi saat protes di luar Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 9 Oktober 2018. REUTERS/Osman Orsal

Putra jurnalis Jamal Khashoggi telah meninggalkan Arab Saudi dan tiba di Amerika Serikat, ungkap sumber yang dekat dengan keluarga mereka.

Salah bin Jamal Khashoggi, yang memiliki kewarganegaraan ganda Amerika Serikat-Arab Saudi, sebelumnya tidak dapat meninggalkan Arab Saudi menyusul larangan bepergian yang dikenakan padanya beberapa bulan lalu.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mendesak Arab Saudi untuk membebaskan Salah. 

Robert Palladino, wakil juru bicara Kemlu AS mengatakan pihaknya senang mendapati fakta bahwa pemuda itu diizinkan meninggalkan Arab Saudi.

Salah, merupakan putra tertua dari Khashoggi, wartawan terkemuka Arab Saudi dan kolumnis The Washington Post yang pada akhirnya diakui oleh para pejabat Arab Saudi telah tewas dalam sebuah pembunuhan terencana di konsulat mereka di Istanbul, Turki. Para tersangka memiliki hubungan dekat dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman atau MBS.