Palestina kirim bantuan untuk korban gempa Sulawesi Tengah

Dubes Palestina Zuhair al-Shun menolak menyebutnya sebagai bantuan, melainkan sebuah kewajiban bagi negara sahabat.

Bantuan dari Palestina untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Alinea.id/Soraya Novika

Pemerintah Palestina turut ambil andil dalam membantu pemulihan Sulawesi Tengah pasca-gempa dan tsunami yang terjadi pada Jumat (28/9). Bantuan tersebut diberikan atas arahan dari Presiden Mahmoud Abbas. 

Meski demikian, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair al-Shun menolak menyebutnya sebagai bantuan, melainkan sebuah kewajiban yang harus diberikan oleh warga Palestina kepada negara sahabatnya, Indonesia.

"Palestina juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Indonesia karena selama ini telah membantu saudara-saudara kami. Jangan sebut ini sebagai bantuan, melainkan, ini adalah kewajiban yang harus kami berikan kepada sahabat kami yaitu Indonesia," ujar Dubes Zuhair dalam konferensi pers di Kedubes Palestina, Jakarta, Kamis (11/10).

Direktur Palestinian International Coorperation Agency (PICA) Imad Al Zuhairi juga menyampaikan rasa terima kasihnya pada Indonesia yang senantiasa terdepan siap membantu Palestina saat mengalami kesulitan. Dalam kesempatan yang sama, dia juga menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah.

PICA adalah badan internasional dari Palestina yang ditugaskan untuk menyampaikan bantuan dari Presiden Mahmoud Abbas.