Kanada sumbang US$50 juta untuk badan pengungsi Palestina

Keputusan Kanada menyumbang ke UNRWA ini datang pasca-penarikan diri Amerika Serikat sebagai donatur terbesar badan pengungsi Palestina itu.

Anak-anak sekolah Palestina membaca buku di perpustakaan di sekolah yang dikelola oleh UNRWA di Silwan, Yerusalem Timur, 10 Oktober 2018. REUTERS/Ammar Awad

Kanada menyumbang US$50 juta kepada badan pengungsi PBB untuk Palestina (UNRWA). Sumbangan tersebut diberikan setelah Amerika Serikat memutuskan untuk menghentikan pendanaan kepada organisasi tersebut.

Bantuan Kanada yang diumumkan pada Jumat (12/10) akan dialokasikan selama dua tahun untuk membantu program kesehatan dan pendidikan UNRWA.

Pada Agustus lalu, pemerintahan Donald Trump memutuskan untuk menghentikan dukungan dana sebesar US$300 juta terhadap UNRWA. Langkah tersebut mengakhiri peran AS sebagai donor terbesar bagi sebuah organisasi yang berupaya membantu lebih dari lima juta pengungsi Palestina.

Israel, sebelumnya menuding UNRWA bias, memicu konflik dengan warga Palestina, dan mempromosikan kebencian terhadap negara itu.

"Kanada dan UNRWA bekerja sama untuk memastikan penghormatan terhadap prinsip-prinsip kemanusiaan, netralitas, kemandirian beroperasi, dan ketidakberpihakan," ungkap Kementerian Luar Negeri Kanada.