Indonesia beri bantuan Rp110 miliar untuk Palestina

Salah satu yang turut menyumbang untuk Palestina adalah Tahir Foundation milik Dato Sri Tahir.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bersama dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki saat menandatangani nota kesepahaman dalam Konsultasi Bilateral Pertama Indonesia-Palestina di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Selasa (16/10). /Kemlu RI

Indonesia berkomitmen untuk memberikan bantuan lebih dari US$7 juta atau sekitar Rp110 miliar untuk mendukung Palestina. 

"Ini kontribusi konkret satu kesatuan Indonesia, baik dari masyarakat maupun pemerintah untuk Palestina," tegas Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dalam pertemuan konsultasi bilateral pertama Indonesia-Palestina di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Selasa (16/10).

Bantuan tersebut disahkan dengan penandatanganan enam nota kesepahaman antar pihak terkait yang disaksikan Menlu Retno dan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki.

"Sebagai bagian dari total bantuan tersebut, Indonesia menyatakan siap untuk meningkatkan kontribusi secara signifikan kepada United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) dari US$200 ribu menjadi US$2 Juta pada 2019-2020," ungkap Menlu Retno.

Dia menambahkan bahwa bantuan yang berasal dari masyarakat Indonesia ke Palestina mencapai nilai US$2,92 juta dan 2.000 ton beras.