Dunia soroti temuan 6 kg plastik dalam perut paus sperma di Indonesia

Bangkai paus sperma yang di dalam perutnya terdapat 6 kg sampah plastik tersebut ditemukan di dekat Pulau Kapota, Taman Nasional Wakatobi.

Bangkai paus sperma yang ditemukan di dekat Pulau Kapota, Taman Nasional Wakatobi pada Minggu (18/11). Instagram/@wwf_id

Penemuan bangkai paus sperma di dekat Pulau Kapota, Taman Nasional Wakatobi, pada Minggu (18/11) sekitar pukul 08.00 WITA mengejutkan publik. Pasalnya, hewan tersebut mati dalam kondisi mengenaskan.

Di dalam perut paus sperma berukuran 9,5 meter tersebut ditemukan enam kilogram sampah plastik. 

Kabar temuan bangkai paus sperma tersebut menuai sorotan dunia. Media yang bermarkas di Amerika Serikat, CNN, memuatnya dalam laporan bertajuk 'Dead whale in Indonesia had swallowed 1,000 pieces of plastic'.

"Sebagai pengingat terbaru tentang bahaya polusi di lautan kita, seekor paus yang mati di Indonesia ditemukan dalam kondisi perutnya dipenuhi enam kilogram sampah plastik," demikian kutipan laporan CNN pada Rabu (21/11).

Kantor berita Inggris, BBC, menyoroti temuan bangkai paus sperma ini dengan laporan berjudul 'Dead sperm whale found in Indonesia had ingested '6kg of plastic'.