KTT G-20 jadi momentum perdamaian AS-China?

KTT G-20 tahun ini akan berlangsung di Buenos Aires, Argentina, pada Jumat (30/11) dan Sabtu (1/12).

Presiden China Xi Jinping (ka) berbicara dengan Direktur Pengatur International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde setelah berfoto bersama dalam forum Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di Port Moresby, Papua Nugini, Minggu (18/11). ANTARA FOTO/REUTERS/David Gray

Para pemimpin dunia mulai berdatangan ke Buenos Aires, Argentina, untuk menghadiri KTT G-20 yang akan berlangsung pada Jumat (30/11) dan Sabtu (1/12).

Dalam KTT G-20 tahun ini, semua mata tertuju pada sejumlah isu, termasuk pertemuan Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping yang dinilai berisiko tinggi serta kemungkinan penandatanganan perjanjian AS-Meksiko-Kanada (USMCA).

Kehadiran Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman atau MBS juga dinilai akan menjadi perhatian tersendiri. Protes dikabarkan akan menargetkan MBS atas kasus pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi.

Demonstrasi terkait isu lainnya diprediksi juga akan bergulir jelang pertemuan tahunan tersebut.

MBS sendiri telah mendarat di Buenos Aires pada Rabu (28/11). Para pemimpin dunia lainnya dinilai tidak ingin terjebak dalam situasi canggung dengan MBS yang namanya tidak bisa lepas dari kasus pembunuhan Khashoggi.