Krisis dengan Ukraina, Rusia tambah rudal S-400 di Crimea

S-400 yang terbaru merupakan yang keempat yang ditempatkan Rusia di Semenanjung Crimea.

Rudal S-400 Triumf. / Kementerian Pertahanan Rusia / eng.mil.ru

Menurut layanan pers Distrik Militer Selatan pada Rabu (28/11), satu set divisi baru sistem rudal pertahanan udara S-400 Triumf milik Rusia telah menjalani tes dan akan segera ditempatkan di Crimea. Set tambahan ini akan menjadi set S-400 keempat yang dikerahkan ke Crimea.

Personel unit rudal pertahanan udara dari pasukan ke-4 Angkatan Udara dan Distrik Militer Selatan yang dikerahkan ke Crimea telah mulai mempersiapkan peralatan yang akan diangkut dengan kereta api menuju ke pangkalan permanen.

"Dalam waktu dekat, sistem baru akan memasuki masa aktif untuk melindungi wilayah udara Rusia, menggantikan sistem pertahanan udara sebelumnya," jelas juru bicara Distrik Militer Selatan Vadim Astafyev.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan akan mengerahkan sistem rudal permukaan ke udara (SAM) S-400 di Semenanjung Crimea pasca-ketegangan berkobar di wilayah itu pada akhir pekan lalu.

Moskow mengatakan bahwa tiga kapal Ukraina telah melanggar perairan teritorialnya di lepas pantai Crimea pada Minggu (25/11). Akibatnya, Rusia menahan dua kapal perang dan satu kapal tunda Ukraina.