Salome Zurabishvili, jadi presiden wanita pertama Georgia

Salome Zurabishvili (66) didukung oleh partai berkuasa Georgian Dream. Dia merupakan mantan Menlu Georgia periode 2004-2005.

Salome Zurabishvili, politikus kelahiran Prancis yang terpilih sebagai presiden wanita pertama Georgia. IG/@salome_zurabishvili

Kandidat yang didukung partai berkuasa Georgia, yang menyokong penyeimbangan hubungan dengan Rusia dan Barat, memenangkan pilpres. Demikian hasil yang dipublikasikan di situs badan pemilihan pada Kamis (29/11) waktu setempat.

Salome Zurabishvili (66), politikus kelahiran Prancis tersebut meraih 59,6% suara dalam pemilu yang diadakan pada Rabu (28/11). Sementara itu, kandidat dari kubu oposisi Grigol Vashadze mendapat 40,4% suara. 

Sebelumnya, dua exit polls juga menunjukkan Zurabishvili, yang menjabat sebagai menteri luar negeri Georgia pada 2004-2005, unggul dengan jelas.

Putaran kedua pilpres berada di bawah pengawasan ketat oleh kubu oposisi dan pengamat internasional atas kekhawatiran bahwa partai berkuasa, Georgian Dream, menggunakan kontrol atas mesin negara untuk membantu kemenangan Zurabishvili.

Pihak oposisi mengklaim terjadi serangan terhadap aktivis selama masa kampanye dan ketidakberesan selama pemungutan suara, termasuk upaya untuk menekan pemilih dan memanipulasi daftar pemilih.