Pembunuhan Khashoggi: Senator AS kian yakin MBS terlibat

Usai mendapat penjelasan dari CIA, sejumlah senator AS merasa lebih yakin bahwa putra mahkota Arab Saudi dalang pembunuhan Khashoggi.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman berjabat tangan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi di Buenos Aires, Argentina, Kamis (29/11). ANTARA FOTO/Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS

Sejumlah senator Amerika Serikat mengakui bahwa setelah diberi pengarahan oleh Direktur CIA Gina Haspel mereka kini lebih yakin Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman punya peran atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Senator Lindsey Graham mengatakan bahwa dia memiliki kepercayaan yang tinggi MBS terlibat dalam pembunuhan Khashoggi. Politikus Republikan South Carolina itu menggambarkan sang putra mahkota Arab Saudi sebagai sosok yang gila, berbahaya, dan merusak.

Graham lebih jauh mengatakan bahwa dia tidak bisa mendukung keterlibatan Arab Saudi dalam perang Yaman atau menjual senjata kepada Arab Saudi selama MBS tetap berkuasa.

Pandangan selaras diungkapkan pula oleh Senator Demokrat Bob Menendez. Dia mengatakan bahwa AS harus mengirim pesan yang jelas dan tegas bahwa tindakan seperti itu tidak dapat diterima di panggung dunia.

Arab Saudi sendiri telah mendakwa 11 orang atas pembunuhan Khashoggi, namun mereka secara tegas dan berulang kali membantah keterlibatan MBS.