10.000 militer Afrika Selatan dikerahkan ke provinsi dilanda banjir

440 orang tewas dalam banjir dan tanah longsor di Afrika Selatan.

Ilustrasi Pixabay.

Ribuan tentara Afrika Selatan dikerahkan untuk membantu upaya penyelamatan dan penyaluran bantuan di provinsi Kwa Zulu-Natal, di mana lebih dari 440 orang tewas dalam banjir dan tanah longsor, serta puluhan warga hilang.

Seperti diberitakan Reuters, Selasa (19/4), sepekan setelah hujan lebat melanda kawasan tersebut, Pasukan Pertahanan Nasional Afrika Selatan (SANDF) mengatakan, mereka diperintahkan untuk mengaktifkan 10.000 tentara. Pasukan militer itu akan diperbantukan mulai dari mengepel rumah-rumah warga, hingga mengangkat puing-puing bangunan, dan menyalurkan bantuan.

SANDF juga akan memberikan dukungan medis dan helikopter untuk misi penyelamatan dan pengintaian.

Banjir telah menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal, melumpuhkan layanan listrik dan air dan mengganggu operasional di salah satu pelabuhan tersibuk di Afrika, Durban.

Presiden Cyril Ramaphosa mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi, kabinetnya telah menyatakan keadaan bencana nasional karena banjir dan cuaca ekstrem di beberapa provinsi lain. Hal itu bahkan akan memungkinkan respons yang lebih efektif terhadap krisis.