2 kapal perang AS berlayar di Laut China Selatan, Tiongkok berang

Kapal perusak berpeluru kendali AS Preble dan Chung Hoon berlayar dalam jarak 12 mil dari Gaven dan Johnson Reefs di Kepulauan Spratly.

Pulau buatan China, Subi Reef, yang terletak di Kepulauan Spratly, Laut China Selatan. Wikipedia/Public Domain

Militer Amerika Serikat mengatakan dua kapal perangnya berlayar di dekat pulau-pulau yang diklaim oleh Tiongkok di Laut China Selatan pada Senin (6/5). Langkah tersebut memicu kecaman dari Beijing di saat hubungan dua raksasa ekonomi dunia itu diselimuti ketegangan menyusul sengketa dagang.

Juru bicara militer AS mengatakan kepada Reuters bahwa kapal perusak berpeluru kendali AS Preble dan Chung Hoon berlayar dalam jarak 12 mil dari Gaven dan Johnson Reefs di Kepulauan Spratly.

"Perlintasan yang tidak salah ini adalah untuk menantang klaim maritim yang berlebihan dan menjaga akses ke perairan sebagaimana diatur oleh hukum internasional," ungkap juru bicara Armada Ketujuh Komandan Clay Doss.

Angkatan Laut China meminta kapal-kapal AS untuk pergi setelah mereka memasuki perairan yang berdekatan dengan karang Gaven dan Chigua di Kepulauan Spratly, yang disebut Beijing sebagai Nansha. 

"Tindakan kapal perang AS melanggar kedaulatan China dan merusak perdamaian, keamanan, dan ketertiban di wilayah laut terkait. China menyatakan ketidakpuasan dan pertentangan yang kuat atas operasi tersebut," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang seraya menambahkan bahwa kapal-kapal itu masuk tanpa izin.