8 sektor utama kerja sama bilateral RI-Inggris

Indonesia-Inggris tengah merayakan 70 tahun hubungan diplomatik dan sejauh ini terdapat 8 sektor yang menjadi fokus kerja sama keduanya.

Wakil Menteri Luar Negeri RI A. M. Fachir dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik dalam konferensi pers perayaan 70 tahun hubungan diplomatik RI-Inggris di Kedutaan Besar Inggris, Jakarta, Selasa (12/3). Alinea.id/Valerie Dante

Merayakan 70 tahun hubungan diplomatik antara Inggris dan Indonesia, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik memaparkan delapan sektor yang selama ini menjadi fokus kerja sama kedua negara.

Pertama, sektor edukasi yang salah satunya melalui program English for Indonesia. Program tersebut merupakan hasil kerja sama British Council dengan Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia yang resmi diluncurkan pada 2 Oktober 2018.

Program itu berisi materi pembelajaran bahasa Inggris yang gratis dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

"Selain dapat diakses via online, English for Indonesia juga diakses lebih dari dua juta pengunjung melalui stasiun radio pemerintah, televisi milik negara, dan koran nasional," tutur Dubes Moazzam dalam konferensi pers perayaan 70 tahun hubungan diplomatik RI-Inggris di Kedutaan Besar Inggris, Jakarta, Selasa (12/3).

Moazzam menyatakan layanan Transnational Education British Council membangun hubungan antara universitas di Inggris dan Indonesia.