Adik Kim Jong-un kembali muncul ke publik

Kim Yo-jong muncul untuk pertama kalinya sejak Juli.

Adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong/Foto dok. Twitter @HexeteraX

Saudari Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Yo-jong, terlihat di depan umum untuk pertama kalinya sejak Juli lalu. Ketidakhadirannya di sejumlah acara pemerintah sempat memicu spekulasi bahwa Kim Jong-un menurunkan pangkatnya.

Menurut laporan kantor berita pemerintah, KCNA, pada Jumat (2/10), Kim Yo-jong mendampingi saudara laki-lakinya dan sejumlah kader top lainnya dalam tur untuk memeriksa proyek konstruksi untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh banjir besar dalam beberapa pekan terakhir.

Nama Kim Yo-jong menjadi perbincangan di kalangan analis politik karena disebut-sebut sebagai penerus Kim Jong-un ketika dia sempat menghilang dari hadapan publik pada April.

"Daftar nama pejabat yang menyertai Kim Jong-un dalam laporan hari ini menunjukkan bahwa Kim Yo-jong belum diturunkan dari pangkatnya," kata analis politik independen, Rachel Minyoung Lee.

Peran Kim Yo-jong meningkat di paruh pertama 2020, di mana dia menjadi pemain kunci dalam kebijakan terhadap dua rival terbesar Pyongyang yakni Amerika Serikat dan Korea Selatan.