Airbus rayu Indonesia beli pesawat angkut A400M

Saat ini diskusi tengah berjalan antara pihak Airbus dan pemerintah Indonesia mengenai potensi pembelian A400M.

Pesawat angkut A400M milik Royal Air Force (RAF) Inggris di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (12/11). Alinea.id/Valerie Dante

Kepala Pertahanan dan Antariksa Airbus Asia Pasifik Johan Pelissier meyakini bahwa A400M, pesawat angkut produksi perusahaannya, dapat memenuhi kebutuhan Indonesia baik dari segi taktis maupun strategis.

"Entah itu kebutuhan bantuan kemanusiaan atau transportasi kargo berat ke tempat-tempat terpencil, A400M dapat melakukannya," kata dia dalam konferensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (12/11).

Pelissier mengatakan tidak dapat memberikan komentar spesifik mengenai diskusi yang tengah berjalan antara Airbus dan pemerintah Indonesia mengenai potensi pembelian A400M. Dia juga menolak untuk mengungkapkan harga yang ditawarkan untuk satu unit A400M.

"Faktanya adalah kami percaya bahwa A400M dapat memenuhi kebutuhan Indonesia. Di luar Malaysia, kami sangat ingin melihat Indonesia menjadi operator A400M berikutnya di Asia Pasifik," jelas dia.

Selain Malaysia, lima negara lainnya yang menggunakan A400M adalah Inggris, Turki, Prancis, Jerman dan Spanyol.