Aktivis Greta Thunberg kutuk ketidaksetaraan vaksin Covid-19

Sebelumnya, Thunberg telah menyumbang US$120.000 dari yayasannya kepada WHO untuk mendukung program vaksinasi Covid-19.

Aktivis lingkungan asal Swedia, Greta Thunberg. Twitter/@GretaThunberg

Aktivis iklim Greta Thunberg, mendesak pemerintah, pengembang vaksin, dan komunitas internasional untuk satu suara memerangi ketidakadilan vaksin Covid-19 antara negara kaya dan miskin.

Komentar Thunberg pada Senin (19/4) datang ketika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan 5,2 juta kasus Covid-19 baru yang tercatat selama sepekan terakhir, jumlah mingguan terbesar sejauh ini.

Remaja asal Swedia yang menginspirasi aksi iklim turut menyumbang US$120.000 dari yayasan amalnya kepada WHO untuk membantu membeli vaksin Covid-19 bagi negara-negara yang membutuhkannya, terutama negara miskin.

"Sangat tidak etis bahwa negara-negara berpenghasilan tinggi sekarang memvaksinasi orang-orang muda dan sehat jika itu terjadi dengan mengorbankan orang-orang dalam kelompok berisiko dan di garis depan di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah," kata Thunberg.

Meskipun Thunberg memuji pengembangan vaksin Covid-19 yang cepat, dia mengutip laporan yang memperkirakan bahwa satu dari empat orang di negara berpenghasilan tinggi telah menerima suntikan vaksin sejauh ini.