Apa itu cacar monyet dan di mana penyebarannya?

Untuk pertama kalinya, penyakit itu, menyebar di antara orang-orang yang tidak melakukan perjalanan ke Afrika. 

gambar mikroskop elektron 2003-nya yang disediakan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menunjukkan virion monkeypox dewasa berbentuk oval, kiri, dan virion dewasa bulat, kanan, diperoleh dari sampel kulit manusia yang terkait dengan wabah anjing padang rumput 2003. Foto Cynthia S. Goldsmith, Russell Regner/CDC via AP

Otoritas kesehatan Eropa dan Amerika telah mengidentifikasi sejumlah kasus cacar monyet dalam beberapa hari terakhir, sebagian besar menginveksi kepada pria muda. Ini adalah wabah penyakit yang mengejutkan yang jarang muncul di luar Afrika.

Untuk itu, pejabat kesehatan di seluruh dunia mengawasi lebih banyak kasus tersebut, karena untuk pertama kalinya, penyakit itu menyebar di antara orang-orang yang tidak melakukan perjalanan ke Afrika. 

Apa itu monkeypox?

Monkeypox adalah virus yang berasal dari hewan liar seperti hewan pengerat dan primata, dan terkadang menular ke manusia. Sebagian besar kasus pada manusia terjadi di Afrika Tengah dan Barat, di mana penyakit ini endemik.

Penyakit ini pertama kali diidentifikasi oleh para ilmuwan pada 1958 ketika ada dua wabah penyakit "seperti cacar" pada monyet penelitian-demikianlah nama monkeypox. Infeksi manusia pertama yang diketahui terjadi pada 1970, terhadap anak laki-laki berusia 9 tahun di bagian terpencil Kongo.