Arab Saudi-Pakistan teken perjanjian investasi senilai US$20 miliar

Penandatanganan perjanjian investasi itu berlangsung saat kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman ke Pakistan.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Instagram/@special_royal

Putra Mahkota Mohammed bin Salman atau MBS pada Minggu (17/2) mengatakan, Arab Saudi telah menandatangani perjanjian investasi senilai US$20 miliar selama kunjungannya ke Pakistan.

Memulai perjalanannya ke Asia dengan investasi di Pakistan yang jauh lebih tinggi dari yang diharapkan, MBS mengatakan angka US$20 miliar hanya mewakili awal dari ikatan ekonomi yang akan membawa dua sekutu muslim itu lebih dekat.

"Ini besar untuk fase 1, dan pasti akan tumbuh setiap bulan dan setiap tahun, dan itu akan bermanfaat bagi kedua negara," papar MBS. "Kami telah menjadi saudara, sebuah negara yang bersahabat bagi Pakistan. Kami telah bersama-sama pada saat susah dan senang, dan kami akan melanjutkan itu."

Lawatan MBS ke Pakistan terjadi di tengah ketegangan negara itu dengan tetangganya, India. Awal pekan ini, insiden bom bunuh diri menewaskan 44 polisi paramiliter India di wilayah Kashmir yang disengketakan. 

New Delhi menuduh Pakistan terlibat dalam pengeboman dan berjanji akan menghukum negara itu. Sementara itu, Pakistan membantah keras terlibat.