AS akan hapus Sudan dari daftar negara sponsor teror

Jika Sudan dihapus dari daftar negara sponsor terorisme Departemen Luar Negeri, hanya 3 yang tersisa, yaitu Iran, Korea Utara, dan Suriah.

Ilustrasi aksi teroris di sebuah tempat di AS . Pixabay


Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, AS akan menghapus Sudan dari daftar negara sponsor terorisme. Hal itu setelah Sudan menindaklanjuti perjanjian untuk membayar ratusan juta dolar kepada para korban teror AS dan keluarga.

“Berita besar! Pemerintah baru Sudan membuat kemajuan besar. Setuju untuk membayar US$335 juta kepada korban teror AS dan keluarga. Setelah uang diterima, saya akan mencabut Sudan dari daftar sponsor terorisme negara. Akhirnya, keadilan untuk rakyat Amerika dan langkah besar untuk Sudan, " ujar Trump di Twitter, Senin (19/10).

Langkah tersebut akan memungkinkan Sudan untuk sekali lagi menerima pinjaman dan bantuan internasional yang dibutuhkan untuk meningkatkan ekonomi negara.

Sekaligus membuka jalan bagi Sudan untuk membangun hubungan diplomatik dengan Israel, karena pemerintahan Trump berusaha untuk menengahi kesepakatan bagi negara-negara Arab untuk mengakui Israel. Pemerintah AS telah memfasilitasi perjanjian semacam itu dengan Uni Emirat Arab dan Bahrain.

Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok dalam tweet pada Senin (19/10), mengatakan penunjukan sponsor terorisme telah sangat merugikan Sudan. Dia menambahkan rakyat Sudan tidak pernah mendukung terorisme dan langkah AS tersebut adalah dukungan kuat untuk transisi negara menuju demokrasi.