AS berperan penting atas pengakuan kemerdekaan RI oleh Belanda

Menurut McMahon, tuntutan ekonomi AS kepada Belanda pada masanya memfasilitasi jalan menuju kemerdekaan penuh Indonesia.

Robert J. McMahon di @america, Jakarta, Kamis (21/2). Alinea.id/Valerie Dante

Sejarawan dari Ohio State University Robert J. McMahon mengatakan bahwa Amerika Serikat memainkan peran penting dalam tahap akhir penyelesaian konflik Belanda dengan Indonesia.

Pada 1949, Belanda melanggar perjanjian internasional dan melancarkan aksi militer terhadap rakyat Indonesia. Peristiwa itu memicu kemarahan di Kongres AS, hingga akhirnya pemerintah AS berencana untuk memutus semua bantuan ekonomi kepada Belanda jika mereka tidak segera mengadakan perundingan dengan Indonesia untuk menyerahkan kemerdekaan.

Tuntutan ekonomi AS kepada Belanda itu memfasilitasi jalan menuju kemerdekaan penuh Indonesia.

"Waktu itu Belanda sangat tergantung pada bantuan ekonomi AS sehingga mereka tidak punya pilihan lain selain tunduk pada tuntutan Washington," tutur McMahon dalam diskusi bertajuk "The Role of the US in Securing Indonesian Independence" yang bertempat di @america, Jakarta, Kamis (21/2).

Langkah tersebut dinilai kontroversial karena sejak awal konflik bergulir, AS mencoba bersikap netral tetapi cenderung mendukung Belanda, yang merupakan sekutu dekat Washington.