AS-China perpanjang waktu perundingan perdagangan

Semula perundingan antara AS dan China yang berlangsung di Beijing hanya dijadwalkan sampai Selasa (8/1).

Wakil Menteri Keuangan untuk urusan internasional David Malpass dan anggota delegasi AS lainnya usai berunding dengan delegasi China di Beijing, pada Senin (7/1). REUTERS/Thomas Peter

Negosiator Amerika Serikat dan China yang tengah bertemu di Beijing sejak Senin (7/1), sepakat untuk memperpanjang waktu perundingan perdagangan hingga Rabu (9/1). Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara kantor Perwakilan Dagang AS.

Fakta itu dinilai menunjukkan pertanda baru bahwa diskusi bergerak ke arah positif. Tatap muka perunding AS dan China tersebut merupakan yang pertama kalinya sejak Donald Trump dan Presiden Xi Jinping bertemu pada Desember 2018 di sela-sela KTT G-20 di Argentina, di mana keduanya sepakat untuk memulai perundingan demi mengakhiri perang dagang. 

Sebelum akhirnya diperpanjang, Kementerian Luar Negeri China mengumumkan bahwa perundingan dengan AS hanya akan berlangsung selama dua hari. Adapun pemerintahan Trump tidak merincinya, hanya mengatakan bahwa pembicaraan antar kedua negara dimulai pada Senin lalu.

Sebuah sumber yang dekat dengan isu ini menyebutkan bahwa negosiator China dan AS membutuhkan lebih banyak waktu untuk membahas sejumlah isu yang menjadi bagian dari agenda perundingan.

Pada Selasa kemarin, China telah menyatakan akan menyetujui impor lima varietas baru tanaman rekayasa genetika. Itu merupakan sebuah langkah yang akan memungkinan lebih banyak petani AS untuk menjual lebih banyak benih biotek ke Tiongkok.