Menteri Pertahanan AS: Rusia harus menjelaskan penumpukan pasukannya di dekat Ukraina

Bahasa Austin tentang penggunaan rudal anti-satelit Rusia lebih ringan daripada Menteri Luar Negeri Antony Blinken.

Dalam file ini, gambar satelit yang dirilis oleh Maxar Technologies yang diambil pada 1 November 2021 menunjukkan tank Rusia, pengangkut personel lapis baja, dan peralatan pendukung di tengah kehadiran pengerahan pasukan darat besar-besaran di tepi utara kota Yelnya, Oblast Smolensk, Rusia. (AFP)

Para pejabat Amerika bertanya-tanya mengapa Presiden Rusia Vladimir Putin membangun pasukan militer di dekat perbatasan dengan Ukraina timur. Namun jelas, mereka melihat ini sebagai contoh lain dari gerakan militer yang mengganggu yang menuntut penjelasan Moskow.

“Kami akan terus meminta Rusia untuk bertindak secara bertanggung jawab dan lebih transparan dalam membangun pasukan di sekitar perbatasan Ukraina,” kata Menteri Pertahanan Lloyd Austin pada konferensi pers Pentagon, Rabu (17/11).

“Kami tidak yakin persis apa yang dilakukan oleh Putin," tambahnya

Dia mengatakan penumpukan pasukan mendapat perhatian Pentagon dan bahwa Rusia harus “lebih transparan tentang apa yang mereka lakukan.”

Austin juga mengkritik Rusia karena menggunakan rudal untuk menembak jatuh salah satu satelit lamanya pada hari Senin, tindakan yang menciptakan ratusan keping puing luar angkasa yang menurut pejabat AS akan menjadi bahaya jangka panjang bagi operasi luar angkasa.