AS tuduh Iran serang kilang minyak Arab Saudi

Milisi Houthi sendiri sudah mengklaim bahwa serangan terhadap kilang minyak terbesar Arabian-American Oil Company (Aramco).

Asap terlihat saat terjadi kebakaran di pabrik Aramco di Abqaiq, Arab Saudi, Sabtu (14/9)./AntaraFoto

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menuduh Iran atas serangan yang terjadi pada kilang minyak Arab Saudi, sembari mengesampingkan keterlibatan kelompok gerilyawan Yaman yang bersekutu dengan Teheran, milisi Houthi.

Padahal, milisi Houthi sendiri sudah mengklaim bahwa serangan terhadap kilang minyak terbesar Arabian-American Oil Company (Aramco) yakni Abqiq itu adalah berasal dari kelompok tersebut.

Pompeo menolak klaim tersebut dan dengan tegas menyalahkan Iran.

"Teheran berada di balik hampir 100 serangan terhadap Arab Saudi sementara Rouhani (Presiden Iran Hassan Rouhani) dan Zarif (Menteri Luar Negeri Iran Mohammed Javad Zarif) berpura-pura terlibat dalam diplomasi," ujar Pompeo melalui cuitan di akun resmi pribadinya dikutip dari Asharq Al-Awsat, Minggu (15/9).

Pompeo melanjutkan, "Di tengah semua seruan untuk deeskalasi, Iran malah meluncurkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pasokan energi dunia," ucapnya.