Australia buka akses ke luar negeri bagi warga yang sudah divaksin

Keputusan mencabut larangan bepergian bagi warga Australia mulai 8 November mendatang.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison Twitter/@ScottMorrisonMP

Akses bepergian ke luar negeri dibuka kembali bagi warga Australia yang sudah divaksin Covid-19 per 1 November 2021 mendatang. Dilansir dari Antara, sebelumnya selama 18 bulan warga Australia dilarang bepergian ke luar negeri tanpa izin pemerintah. Di sisi lain, warga Australia juga tidak bisa memasuki negaranya meski sudah divaksin penuh dari luar negeri.

Keputusan mencabut larangan bepergian mulai pada 8 November mendatang. Pelaku perjalanan yang sudah divaksin di Australia tidak perlu lagi karantina.

"Rencana nasional tentang membuka kembali Australia tengah berlangsung karena tingkat vaksinasi semakin tinggi,” ujar Perdana Menteri Australia Morrison, Rabu (27/10/2021).

Namun, bagi warga yang belum mendapatkan vaksinasi penuh, pemerintah masih tetap menerapkan pembatasan perjalanan. Mereka hanya boleh bepergian dengan izin khusus dari pemerintah.

Sydney dan Melbourne juga resmi mencabut aturan karantina bagi pelaku perjalanan mulai 1 November 2021. Namun, peraturan yang ketat masih berlaku bagi warga negara asing yang akan memasuki Australia.