Dibawa sejak 1911, Australia mengembalikan 9 patung Buddha antik ke Thailand

Pemulangan itu dilakukan setelah pemerintah AS memfasilitasi pengembalian mahkota Buddha emas berusia hampir padat berusia 500 tahun.

9 patung yang dikembalikan ke Thailand. Foto thethaiger

Seorang warga negara Australia telah mengembalikan sembilan patung Buddha kayu ke Thailand setelah lebih dari satu abad menjadi milik keluarganya.

Pengembalian patung ukiran kecil, yang masing-masing tingginya sekitar 10-15 sentimeter, dikoordinasikan oleh Kementerian Luar Negeri Thailand, yang menyerahkannya ke Departemen Seni Rupa Kementerian Kebudayaan dalam sebuah upacara kemarin.

Barang antik, yang diperkirakan dibuat oleh pengrajin lokal di selatan kota Trang, disumbangkan oleh penduduk Canberra, Murray Upton, yang mengatakan bahwa dia mewarisinya dari ayahnya, yang telah memiliki patung tersebut sejak 1911.

Ayah Upton adalah seorang surveyor dan insinyur untuk Southern Siam Company, yang membangun Kereta Api Selatan yang menghubungkan Thonburi dan Phetchaburi pada awal abad ke-20. Ketika dia mengetahui nilai potensial dari patung-patung itu, baik secara historis maupun finansial, Upton menghubungi kedutaan Thailand di Canberra dan memberi tahu mereka bahwa dia ingin mengembalikannya ke Thailand. 

Pemulangan itu dilakukan setelah pemerintah AS memfasilitasi pengembalian mahkota Buddha emas berusia hampir padat berusia 500 tahun ke Thailand.