Bantu Rusia rencanakan pembunuhan Presiden Ukraina, wanita ex penjaga toko ditangkap

Setelah kunjungan Zelensky, petugas keamanan terus mengikuti wanita tersebut.

Volodymyr Zelensky. Foto Reuters

Pejabat keamanan Ukraina mengatakan mereka telah menangkap seorang wanita Ukraina karena dicurigai membantu dinas intelijen Rusia, termasuk keterlibatan dalam upaya pembunuhan terhadap Presiden Volodymyr Zelensky bulan lalu.

"Dinas keamanan menahan seorang informan dari dinas khusus Federasi Rusia, yang, pada malam perjalanan kerja presiden Ukraina baru-baru ini ke wilayah Mykolaiv, sedang mengumpulkan intelijen tentang kunjungan yang direncanakan," Dinas Keamanan Negara Ukraina, SBU mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs webnya pada hari Senin.

"Pelaku berusaha menetapkan waktu dan daftar lokasi perkiraan rute kepala negara," kata pernyataan itu.

Zelensky telah melakukan kunjungan semi-reguler tanpa pemberitahuan sebelumnya ke wilayah yang sebelumnya diduduki atau daerah dekat garis depan - kunjungan yang memerlukan kehati-hatian ekstrim karena kemungkinan serangan Rusia yang ditargetkan. Dia mengunjungi wilayah selatan Ukraina di Odessa dan Mykolaiv pada akhir Juli.

Pernyataan itu mengatakan tersangka informan Rusia adalah "mantan pramuniaga di toko militer di wilayah salah satu unit militer" di kota Ochakiv, yang dikunjungi Zelensky.