Beda Trump dan Clinton pascalolos dari pemakzulan

Donald Trump menyampaikan "pidato kemenangan" sehari setelah Senat membebaskannya dari dua pasal pemakzulan.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat berpidato di Gedung Putih, sehari setelah pembebasannya dari pemakzulan oleh Senat, Kamis (6/2). REUTERS/Joshua Roberts

Sesuai pernyataannya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan "pidato kemenangan" pada Kamis (6/2), setelah lolos dari pemakzulan. 

"Ini bukan konferensi pers, ini bukan pidato ... hanya semacam perayaan karena kita baru saja berhasil ... Kita melewati masa-masa sulit yang tidak adil," ujar Trump seraya mengangkat surat kabar The Washington Post yang bertajuk 'Trump acquitted' saat berpidato di East Room, Gedung Putih.

"Ini adalah satu-satunya tajuk baik tentang saya yang pernah dimuat the Washington Post."

Presiden ke-44 itu dimakzulkan oleh DPR pada Desember lewat dua pasal, yaitu penyalahgunaan kekuasaan dan menghalangi kerja Kongres. Namun, pada Rabu (5/2), Senat yang dikuasai Republikan membebaskan Trump dari tuduhan-tuduhan tersebut.

"Tidak ada satu pun yang dibenarkan dari sudut pandang hukum. Ini persoalan politik, dan setiap kali saya mengatakan ini tidak adil, mari kita pergi ke pengadilan, mereka mengatakan, 'Pak, Anda tidak bisa membawanya ke pengadilan, ini adalah politik'. Kami diperlakukan dengan sangat tidak adil, dan Anda pasti tahu kami telah lebih dulu melewati Rusia, Rusia, Rusia (penyelidikan atas dugaan kolusi tim kampanye Trump dan Kremlin). Itu semua omong kosong," kata Trump.