Bertemu Presiden Vietnam, Jokowi bahas kerja sama bilateral 5 bidang

Keduanya juga membahas penguatan kerja sama di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Presiden Jokowi (kanan depan) ditemani Presiden Vietnam, Nguyễn Xuân Phúc, memberikan keterangan pers usai keduanya melakukan pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, pada Kamis (22/12/2022). YouTube Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Vietnam, Nguyễn Xuân Phúc, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (22/12). Momentum tersebut dimanfaatkan Jokowi untuk peningkatan kemitraan strategis sejak 2013.

"Pada pertemuan tadi, kita telah membahas berbagai peningkatan kemitraan strategis, baik secara bilateral maupun kawasan," ucap Jokowi dalam pernyataan pers bersama Nguyễn Xuân Phúc usai pertemuan.

Jokowi melanjutkan, RI-Vietnam bersepakat meningkatkan kerja sama di sektor perdagangan. Target US$10 miliar pada 2023 tercapai tahun lalu dengan realisasi US$11,06 miliar.

"Dalam 5 tahun terakhir terdapat peningkatan perdagangan sebesar 9,77%. Untuk itu, kita sepakat menetapkan target baru perdagangan bilateral sebesar US$15 miliar pada tahun 2028," tuturnya, melansir situs web Sekretariat Kabinet (Setkab).

Jokowi berharap Presiden Nguyễn Xuân Phúc memperlancar ekspor komoditas pertanian dari Indonesia ke Vietnam. Pangkalnya, hingga kini masih terjadi berbagai kendala.