Putin diundang, Biden minta pemimpin Ukraina juga diizinkan berbicara di G20

Jika Indonesia atau negara lain tidak setuju dengan usul agar Putin tidak diundang, dia akan meminta agar para pe

Presiden AS Joe Biden pada Kamis (24/3/2024) di Brussels di gedung Europa.  Foto twitter.com/POTUS

Ribuan masyarakat  turun ke jalan-jalan di ibu kota Bulgaria, Sofia, pada Kamis (24/3) waktu setempat, untuk memprotes invasi Rusia ke Ukraina dan untuk menunjukkan solidaritas dengan Ukraina.

Unjuk rasa, yang diselenggarakan di jejaring sosial, mengikuti seruan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada orang-orang di seluruh dunia, untuk memprotes perang selama sebulan. Beberapa dari 60.000 pengungsi dari Ukraina bergabung dengan demonstrasi. Mereka, mengibarkan bendera Ukraina dan Eropa, pengunjuk rasa meneriakkan “Hentikan perang,” “Hentikan Putin” dan “Kebebasan untuk Ukraina yang demokratis.”

“Satu-satunya hal terpenting yang harus kita lakukan di Barat adalah bersatu,” kata Biden pada Kamis di Brussels di gedung Europa. Di mana dia bertemu dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel.

Putin ingin memecah NATO, kata Biden kepada wartawan. “Bukan lelucon, aku sungguh-sungguh. Saya percaya itu adalah niatnya sejak awal,” katanya.

Scholz mengatakan kepada wartawan di Brussels, Kamis, setelah KTT NATO bahwa pihaknya bersatu dalam komitmen untuk melihat sanksi ini selama diperlukan dan untuk terus meninjau efektivitasnya.