Biden pesimistis gencatan senjata terjadi di Gaza saat Ramadan

Tercatat, bulan lalu lebih dari 100 orang tewas setelah pasukan Israel menembaki ratusan orang yang menunggu bantuan pangan.

Foto: Ist

Kalangan internasional khususnya komunitas Muslim di seluruh dunia berharap gencatan senjata terjadi di Gaza saat Ramadan. Namun, harapan itu sepertinya sulit terwujud. Presiden AS Joe Biden pun mengaku pesimistis.

Biden kemarin memperingatkan bahwa akan “sulit” untuk mencapai gencatan senjata antara Israel dan Hamas menjelang bulan suci Ramadhan.

“Kelihatannya sulit,” kata Biden kepada wartawan ketika ditanya apakah kesepakatan untuk menghentikan konflik yang telah berlangsung selama lima bulan dapat dicapai pada bulan Ramadhan, yang akan dimulai pada hari Minggu tergantung pada penampakan bulan.

Biden juga menambahkan bahwa ia khawatir tentang kemungkinan kekerasan di Yerusalem timur yang dianeksasi Israel menjelang Ramadhan.

Ancaman eskalasi yang meningkat ini seiring juga dengan langkah sayap bersenjata Hamas yang mendesak para pendukungnya untuk bergerak menuju kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem timur. Wilayah itu merupakan titik rawan kekerasan selama Ramadhan dalam beberapa tahun terakhir.