Boris Johnson bisa diselidiki secara pidana atas dugaan perselingkuhan

Johnson sebelumnya mengatakan bahwa hubungannya dengan Arcuri 'selesai dengan kepatutan'.

Boris Johnson bisa diselidiki secara pidana atas dugaan perselingkuhan. foto ist

Sebuah penyelidikan baru dapat dibuka terkait dengan dugaan perselingkuhan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dengan pengusaha Jennifer Arcuri. Perkembangan ini menyusul persetujuan Arcuri untuk diinterogasi tentang hubungan mereka untuk pertama kalinya.

Dugaan hubungan Arcuri dengan Perdana Menteri itu pertama kali terungkap tahun lalu menyusul tuduhan Johnson membantunya meluncurkan bisnis teknologinya sambil juga mengejar hubungan dengannya selama delapan tahun tugasnya sebagai walikota ibukota.

Selain setuju untuk diinterogasi, Arcuri juga telah menyerahkan entri buku harian kepada pengawas etika Otoritas London Raya (GLA) untuk diperiksa.

Ekstrak buku harian, diterbitkan di Observer minggu lalu oleh jurnalis John Ware, merinci bagaimana PM diduga melanggar saran staf untuk mempromosikan bisnis Arcuri dan memenangkan kasih sayangnya, mendorong keluhan dari wakil pemimpin Partai Buruh Angela Rayner ke GLA, mendesak untuk kutipan untuk ditinjau sebagai bukti baru.

'Petugas pemantau GLA telah menerima keluhan dari Angela Rayner MP terkait dengan perilaku Boris Johnson (ketika dia menjadi walikota London dan penghuni kantor walikota untuk kepolisian dan kejahatan) dan telah mencatatnya sesuai dengan prosedur GLA', seorang juru bicara dikonfirmasi. ‘Mencatat keluhan tidak berarti bahwa telah ada penilaian atau pertimbangan tentang manfaat dari keluhan atau bahwa keluhan tersebut memiliki substansi pada tahap proses ini.’