Brasil, Argentina, dan Prancis jadi target ancaman Trump

AS mengancam akan kembali mengenakan tarif impor logam dan aluminium pada Brasil dan Argentina.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada 11 Oktober 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Yuri Gripas

Donald Trump memantik perang dagang dengan tiga negara sekaligus. Pada Senin (2/12), dia mengumumkan akan kembali mengenakan tarif impor pada industri logam dan aluminium Brasil dan Argentina sembari mengancam hukuman yang lebih keras terhadap puluhan produk Prancis.

Pemerintah Amerika Serikat menyatakan bahwa langkah tersebut diperlukan karena mitra dagang AS bertindak tidak adil. 

Dalam twitnya, Trump menuturkan bahwa dia memerintahkan tarif baru untuk baja dan aluminium dari Brasil dan Argentina untuk melawan apa yang disebutnya pelemahan mata uang yang sengaja dilakukan kedua negara yang merugikan petani AS.

Brazil and Argentina have been presiding over a massive devaluation of their currencies. which is not good for our farmers. Therefore, effective immediately, I will restore the Tariffs on all Steel & Aluminum that is shipped into the U.S. from those countries. The Federal.... — Donald J. Trump (@realDonaldTrump) 2 December 2019

Bagi Trump, petani adalah basis dukungan yang penting dalam pilpres mendatang dan mereka mengalami masa sulit dalam setahun terakhir menyusul rusaknya daya saing produk pertanian AS yang diakibatkan perang dagang dengan China. Sementara, rekan-rekan mereka di Brasil dan Argetina menikmati ekspor ke Tiongkok.