Buttigieg dan Klobuchar dukung Biden dalam Pilpres AS

Pemilihan kandidat calon presiden dari Partai Demokrat 2020 saat ini menyisakan lima orang, termasuk mantan Wapres Joe Biden.

Mantan Wapres AS Joe Biden yang ikut dalam pemilihan nominasi calon presiden dari Partai Demokrat 2020. Instagram/@joebiden

Pete Buttigieg pada Senin (2/3) malam di Dallas mengumumkan dukungannya kepada Joe Biden untuk menjadi calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat. Buttigieg menilai bahwa Biden, mantan wakil presiden era Barack Obama, adalah sosok yang tepat untuk mengembalikan martabat Gedung Putih.

"Ketika saya mencalonkan diri sebagai presiden ... gagasannya adalah tentang menyatukan seluruh warga negara untuk mengalahkan Donald Trump," kata Buttigieg. "Itu selalu menjadi tujuan yang jauh lebih besar dibanding saya menjadi presiden dan atas tujuan yang sama saya dengan sangat senang mendukung Joe Biden untuk menjadi presiden."

Menyambut dukungan Buttigieg, Biden mengatakan bahwa mantan Wali Kota South Bend itu mengingatkannya pada mendiang putranya, Beau, yang meninggal karena kanker otak pada 2015.

"Dia mengingatkan pada putra saya, Beau. Saya tahu itu mungkin tidak terlalu berarti bagi banyak orang, tapi itu merupakan pujian tertinggi yang saya berikan, baik kepada laki-laki atau wanita," ujar Biden pada Senin malam.

Sejumlah sumber mengatakan kepada CNN bahwa sebelum Buttigieg mengumumkan dukungannya, dia telah lebih dulu berbincang dengan Biden pada Minggu (1/3) malam. Buttigieg disebut juga berbicara dengan Obama.