sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kamala Harris mundur diri dari kursi Senat AS

Harris memenangkan kursinya di senat pada November 2016 dan dilantik Januari 2017. Sebelumnya, menjabat sebagai Jaksa Agung California.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 18 Jan 2021 12:14 WIB
Kamala Harris mundur diri dari kursi Senat AS
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Wakil presiden terpilih Kamala Harris secara resmi akan mengundurkan diri dari kursi Senat Amerika Serikat, pada Senin (18/1).

Hal itu akan menutup kariernya di senat yang telah berlangsung selama empat tahun terakhir. Pengumuman ini disampaikan oleh seorang ajudan Harris.

Langkah Harris dilakukan dua hari sebelum dia secara resmi dilantik pada Rabu (20/1), mencatat sejarah sebagai perempuan, serta orang keturunan kulit hitam dan Asia Selatan pertama yang menjadi Wapres AS.

Sejumlah ajudan mengatakan, Harris telah memulai proses pengunduran dirinya setelah memberi tahu Gubernur California Gavin Newsom terkait niatnya. Akibat jadwal yang tidak memungkinkan, Harris tidak akan memberikan pidato perpisahan di senat.

Harris memenangkan kursinya di senat pada November 2016 dan dilantik pada Januari 2017. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Jaksa Agung California.

Newsom telah menunjuk Alex Padilla, sekretaris negara bagian California, untuk mengisi kursi Harris. Dalam pernyataan pers, dia mengatakan kepada wartawan bahwa Padilla kemungkinan akan dilantik pada Rabu.

Menurut seorang yang dekat dengan masalah, Harris telah berbicara dengan Padilla sebelum dia menjabat.

Harris mencetak sejarah sepanjang kariernya, menjadi wanita kulit hitam pertama di California yang menjabat sebagai senator.

Sponsored

Dalam pidato kemenangannya pada November 2020, dia mengakui perjuangan keras yang dihadapi wanita untuk mendapatkan hak sipil mereka dan masuk ke eselon atas dalam politik AS.

"Meskipun saya mungkin wanita pertama di kantor ini, saya tidak akan menjadi yang terakhir," tegas Harris. "Karena setiap gadis kecil yang menonton malam ini akan melihat bahwa negara ini penuh kemungkinan."

Presiden terpilih, Joe Biden, meluncurkan prioritas legislatif pertamanya pekan ini dengan mengumumkan paket bantuan Covid-19 senilai US$1,9 triliun yang mencakup pembayaran langsung bagi warga AS.

Biden telah menekankan bahwa dia ingin kebijakan ini menjadi prioritas pertama yang dibahas kongres setelah dia dilantik pada 20 Januari.

Pada Rabu, Harris akan dilantik oleh Hakim Mahkamah Agung Sonia Sotomayor, menurut ajudannya. Wakil presiden terpilih akan menyatakan sumpah jabatannya dengan menggunakan dua Alkitab, satu yang sebelumnya milik mantan tetangga dan teman keluarga Harris, Regina Shelton, dan satu lagi milik Thurgood Marshall, orang Afrika-Amerika pertama yang bertugas di Mahkamah Agung. (CNN)

Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya

Rekomendasi drakor terbaru di Viu

Senin, 01 Mar 2021 20:39 WIB

Catatan Setahun Penanganan Pandemi Covid-19

Senin, 01 Mar 2021 15:41 WIB

Jokowi Presiden, wajar disambut massa

Minggu, 28 Feb 2021 09:17 WIB