Calon capres Demokrat absen dalam konferensi pelobi untuk Israel

Konferensi tahunan AIPAC, kelompok pelobi untuk Israel di AS, berlangsung pada 24-26 Maret di Washington Convention Center.

Ilustrasi / Pixabay

Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence pada Senin (25/3) mengecam sejumlah kandidat calon presiden dari Partai Demokrat yang melewatkan konferensi tahunan kebijakan AIPAC yang diselenggarakan di Washington Convention Center pada 24-26 Maret 2019. 

Pence menegaskan bahwa setiap orang yang berharap menduduki Gedung Putih harus mendukung Israel.

AIPAC yang merupakan singkatan dari American Israel Public Affairs Committee adalah sebuah kelompok lobi di AS yang bertujuan menghasilkan kebijakan yang meningkatkan hubungan dekat antara AS dan Israel. Kelompok ini sering disebut-sebut sebagai pelobi paling berpengaruh dalam politik AS.

"Izinkan saya menjelaskan tentang hal ini, siapapun yang bercita-cita untuk menduduki jabatan tertinggi di negeri ini, tidak perlu takut untuk berdiri dengan para pendukung Israel terkuat di Amerika," kata Pence. "Adalah salah untuk memboikot Israel dan AIPAC."

Sejumlah kandidat capres dari Partai Demokrat, seperti Kamala Harris, Beto O'Rourke, Elizabeth Warren, dan Bernie Sanders menolak untuk menghadiri konferensi AIPAC. Namun, Wali Kota New York Bill de Blasio, yang digadang-gadang akan ikut bertarung memperebutkan kursi capres Demokrat hadir dan berbicara dalam kesempatan tersebut.