China bantu Filipina, Spanyol, dan Italia perangi Covid-19

China menyumbang 2.000 alat tes cepat coronavirus jenis baru atau Covid-19 ke Filipina.

Anggota staf di pusat logistik bandara internasional di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China, Selasa (10/3) memindahkan persediaan medis untuk dikirimkan ke Italia. ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS

China menyumbang 2.000 alat tes cepat coronavirus jenis baru atau Covid-19 ke Filipina pada Senin (16/3) untuk membantu negara itu menghentikan laju penyebaran virus. Demikian diungkapkan Kedutaan Besar China untuk Filipina.

Dalam pernyataannya, pihak Kedutaan Besar China untuk Filipina menyatakan bahwa alat uji cepat berteknologi tinggi, yang dikembangkan oleh China BGI Group, memiliki kemampuan untuk mengeluarkan hasil dalam waktu tiga jam. 

"Kit tidak hanya telah banyak digunakan dalam pertempuran China melawan epidemi dan terbukti cukup efektif, tetapi juga telah diekspor ke lebih dari 50 negara, termasuk Jepang, Thailand, Brunei Darussalam, Mesir, Peru, dan Uni Emirat Arab," sebut pernyataan Kedutaan Besar China untuk Filipina.

Pihak Kedubes China untuk Filipina menegaskan bahwa pihaknya siap untuk menyediakan lebih banyak alat tes dalam beberapa hari mendatang.

Kedatangan kit uji Covid-19 dinilai tepat waktu menyusul melonjaknya kasus infeksi dalam beberapa hari terakhir di Filipina. Saat ini negara itu mencatat 140 kasus positif coronavirus jenis baru, dengan dua di antaranya telah pulih dan 12 lainnya meninggal.