China kembali provokasi Taiwan

Militer China mengumumkan dimulainya "patroli kesiapan tempur" selama tiga hari sebagai peringatan bagi warga Taiwan.

Dalam gambar yang diambil dari rekaman video yang ditayangkan Sabtu, 8 April 2023 oleh CCTV China, sebuah jet tempur China melakukan manuver pengisian bahan bakar di udara di lokasi yang tidak ditentukan. CCTV melalui AP

Pemerintah Taiwan menyebutkan, China mengirim kapal perang dan lusinan jet tempur ke Taiwan pada Sabtu (8/4/). Hal itu sebagai pembalasan atas pertemuan antara ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS dan presiden pulau demokrasi Taiwan, yang diklaim oleh Beijing sebagai bagian dari wilayahnya.

Militer China mengumumkan dimulainya "patroli kesiapan tempur" selama tiga hari sebagai peringatan bagi warga Taiwan yang ingin menjadikan kemerdekaan de facto pulau itu secara permanen. Tentara Pembebasan Rakyat tidak memberikan indikasi apakah mereka akan mengulangi latihan sebelumnya dengan rudal yang ditembakkan ke laut, yang mengganggu pengiriman dan penerbangan maskapai.

anggota parlemen AS Kevin McCarthy mengadakan pembicaraan dengan Presiden Tsai Ing-wen pada Kamis ((6/4) di California, menambah serangkaian anggota parlemen asing yang telah bertemu dengan Tsai, untuk menunjukkan dukungan dalam menghadapi intimidasi China. Beijing menanggapi pada Jumat dengan memberlakukan larangan perjalanan dan sanksi keuangan terhadap kelompok dan individu Amerika yang terkait dengan kunjungan Tsai ke AS.

Pada Sabtu, delapan kapal perang dan 71 pesawat terdeteksi di dekat Taiwan, 45 di antaranya terbang melintasi garis tengah selat yang memisahkannya dari daratan, kata Kementerian Pertahanan pulau itu. Iring-iringan itu, termasuk jet tempur Chengdu J-10, Shenyang J-11 dan Shenyang J-16.

Juga pada Sabtu, angkatan laut berencana untuk mengadakan "pelatihan tembakan langsung" di Teluk Luoyuan di provinsi Fujian di seberang Taiwan. Kapal dilarang lewat selama penembakan, yang juga dijadwalkan berlangsung pada lima tanggal selama dua minggu ke depan.