China konfirmasi penyelidikan terhadap dua warga Kanada

Kementerian Luar Negeri China mengonfirmasi bahwa dua warga negara Kanada, Michael Kovrig dan Michael Spavor, tengah diselidiki.

Ilustrasi / Pixabay

Pada Kamis (13/12), Kementerian Luar Negeri China mengonfirmasi bahwa dua warga negara Kanada, Michael Kovrig dan Michael Spavor, tengah diselidiki atas dugaan kegiatan yang membahayakan keamanan nasional.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang menjelaskan bahwa otoritas di Beijing dan provinsi Liaoning telah melakukan "tindakan wajib" kepada keduanya pada 10 Desember. Namun, Lu tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

Spavor tinggal di China dan mengelola Paektu Cultural Exchange. Dalam situs resminya, Paektu Cultural Exchange menyebut dirinya organisasi yang dimiliki seorang warga Kanada yang bermarkas di China dan memfasilitasi pertukaran olahraga, budaya, bisnis, dan pariwisata dengan Korea Utara.

Pria itu bertanggung jawab memfasilitasi salah satu perjalanan Dennis Rodman ke Korea Utara, di mana mantan pemain NBA tersebut bertemu dengan Kim Jong-un.

Sementara itu, Kovrig adalah mantan diplomat Kanada yang saat ini berstatus ahli China di konsultan keamanan International Crisis Group.