China kritik halus Donald Trump?

Ketegangan antara Amerika Serikat dan China belakangan meningkat di tengah pandemik Covid-19.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara sambil menunjuk ke arah China pada sebuah grafik yang memperlihatkan kasus kematian saat arahan singkat harian satgas Covid-19 di Gedung Putih, Sabtu (18/4). ANTARA FOTO/REUTERS/Al Drago

Duta Besar China untuk Amerika Serikat pada Selasa (21/4) mengritik pihak-pihak yang membuat tuduhan tidak berdasar yang mengalihkan perhatian dari informasi ilmiah tentang coronavirus jenis baru.

Berbicara di acara Bloomberg webcast, Cui Tiankai, membela penanganan Covid-19 oleh China, yang dikritik oleh Presiden Donald Trump dan beberapa pihak lainnya karena diduga gagal memperingatkan dunia tentang risiko penyakit tersebut secara tepat waktu dan transparan.

"Yang mengkhawatirkan saya adalah kurangnya transparansi, bukan dalam hal sains, bukan dalam hal perawatan medis, tetapi dalam beberapa perkembangan politik, terutama di AS," tutur Cui Tiankai.

"Begitu sedikit perhatian yang diberikan kepada pandangan para ilmuwan karena sejumlah politikus begitu sibuk dengan upaya mereka untuk stigmatisasi, untuk tuduhan tidak berdasar."

Cui Tiankai menambahkan bahwa media juga menyebarkan spekulasi dan rumor.