China mengirim 77 pesawat tempur ke zona pertahanan Taiwan

Terlepas dari peningkatan penerbangan PLA dan retorika yang keras, Grossman tidak berpikir pertempuran sudah dekat.

foto: CNN

Taiwan melaporkan dua hari berturut-turut rekor jumlah pesawat tempur China masuk ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) mencapai 77 pesawat. Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengatakan pada Sabtu malam.

Pulau berpemerintahan sendiri itu mengatakan total 39 pesawat militer China memasuki ADIZ pada hari Sabtu, satu lebih banyak dari 38 pesawat yang terlihat pada hari Jumat.

38 dan 39 pesawat masing-masing adalah jumlah serangan tertinggi yang dilaporkan Taiwan dalam sehari sejak mulai melaporkan secara terbuka kegiatan semacam itu tahun lalu.

Serangan pada hari Sabtu datang dalam dua gelombang - 20 pesawat pada siang hari dan 19 pesawat pada malam hari, kata kementerian itu dalam dua pernyataan. Mereka dibuat oleh 26 jet tempur J-16, 10 jet tempur Su-30, dua pesawat peringatan anti-kapal selam Y-8 dan satu pesawat peringatan dini dan kontrol udara KJ-500, kata Kementerian Pertahanan.

Menanggapi serangan itu, angkatan udara Taiwan mengeluarkan peringatan radio, dan mengerahkan sistem rudal pertahanan udara, tambah kementerian itu.